laman

PILIH BAHASA



English French German Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Italian

Senin, Mei 26, 2008

AWAS VIRUS EV71 YANG GAWAT

Infeksi enterovirus atau ev 71 sejauh ini telah menewaskan 43 anak di china. Virus penyebab penyakit mulut, kaki dan tangan( hand,foot and mouth disease virus/HFMD) itu telah menginfeksi lebih dari 24.934 orang dari tujuh provinsi China plus Beijing.
Di China, kasus yang berat/gawat ditandai dengan adanya dua atau lebih gejala klinis ini: demam tinggi terus menerus, lemas, muntah, leukosis normal, gula darah meningkat dan sirkulasi darah di tungkai terganggu.demikian menurut Dr.Tjandra Yoga Aditama, Direktur menular langsung (P2ML) DEPKESRI.
Virus ini mulai menarik perhatian di China pada akhir maret 2008. Ketika itu, dokter dirumah sakit di Fuyang City China mulai waspada karena ada tiga anak meninggal dengan pneumia berat yang cepat memburuk. Kemudian total 15 anak meninggal dengan gejala yang sama,
Pada april 23, berdasarkan hasil pemeriksaan epidemiologis, klinis, laboratorium dan pathologis ditegakkan diagonis bahwa anak – anak itu menderita HFMD akibat enterovirus, termasuk EV71 dan Coxsackie
HFMD adalah penyakit menular biasa yang disebabkan oleh berbagai jenis eneterovirus, termasuk EV71 dan coxsackie A.
Dituliskan Dr. Tjandra, EV71 adalah non-polio eneterovirus yang pertama kali ditemukan tahun 1969. Sekitar 50 persen hingga 80 persen infeksi EV 71 adalah ringan – ringan saja. Sisanya dapat berakibat fatal dan menyerang susunan syaraf, dengan angka kematian antara 10 – 25%.
Karena enterovirus penyebab HFMD banyak yang gejalanya ringan.dan virusnya juga dapat hidup lama dilingkungan maka penyebaran dapat menjadi luas. Juga karena enterovirus ini ada dimana-mana maka orangdewasa biasanya sudah punya daya tahan tubuh sehingga penyakit ini banyak menyerang keanak – anak.
di sadur dari www.detiknews.com
" SEHAT INDONESIAKU, MAJU BANGSAKU, SEJAHTERA BANGSAKU"

Tidak ada komentar: