laman

PILIH BAHASA



English French German Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Italian

Jumat, Maret 06, 2009

BERITA

Jumat, 06/03/2009 20:30 WIB
RI-Korsel-Australia Sepakat Tingkatkan Peran G20
Luhur Hertanto - detikNews

Jakarta - Indonesia dan Korea Selatan adalah wakil dari ASIA yang menjadi anggota G20. Oleh karenanya, kedua negara sepakat memainkan peran yang lebih penting dalam ekonomi kawasan.

Demikian salah satu hasil pembicaraan empat mata antara Presiden SBY dengan Presiden Korsel, Lee Myung
-bak, sore ini, Jumat (6/3/2009), di Istana Merdeka, Jakarta.

"Tapi kami juga membahas isu multi lateral, yaitu G20. Korsel dan Indonesia sepakat meningkatkan peran penting di kawasan Asia guna mengatasi krisis global," kata Presiden Lee Myung-bak.

Khusus untuk kawasan ASEAN, peran yang akan dimainkan adalah meningkatkan dan mempercepat realisasi kerjasama Chiang Mai Initiative (CMI). CMI ini adalah wadah penyedia dana pinjaman jangka pendek yang digagas ASEAN bersama Korsel, Jepang dan China.

Sementara itu, Peningkatan peran besama dalam G20 juga dijalin bersama Australia. Melalui hubungan telepon pagi tadi, Presiden SBY dan Presiden Kevin Rudd sepakat menjadikan G20 sebagai forum utama membahas masalah ekonomi dunia.

"Selama ini masalah kisis ekonomi dibahas dalam forum yang lebih kecil, yaitu G7," papar Jubir Kepresidenan Dino Patti Djalal setelah Presiden Lee Myung-bak dan rombongan meninggalkan Istana Merdeka.

Copyright from detiknews.com
(lh/fiq)

Tidak ada komentar: